Kamis, 07 April 2016

Partikel wa ( は)

Hari ini kita akan belajar partikel "wa". Dalam hiragana, ditulis dg huruf "は" ha, bukan "わ". wa merupakan partikel yg menunjukkan identitas suatu subjek. Di bhs inggris ada to be yaitu is,am,are bergantung pd subjek nya. wa merupakan to be dalam bahasa jepang, apapun subjek nya, to be nya adalah "wa". Contoh penggunaan kalimat :

1. Watashi wa Tanaka desu
わたし は たなか です
Saya Tanaka.

2. Watashi wa sensei desu
わたし は せんせい です
Saya adalah seorang guru


Contoh dalam pertanyaan dan cara menjawab :

1. A : Anata wa Tanaka san desuka
あなた は たなか さん ですか

B : (+) Hai, Tanaka desu はい、たなか です Ya, saya Tanaka

(-) iie, Tanaka dewa arimasen/ja arimasen
いいえ、たなか では ありません / じゃ ありません
Tidak, saya bukan tanaka

Dewa arimasen dan Ja arimasen artinya sama, sama-sama menunjukkan "bukan". Bedanya, dalam percakapan sehari-hari, lebih sering dipakai "Ja arimasen".
Bentuk non formal nya adalah "janai"

(Watashi wa) sensei janai.
(わたし は) せんせい じゃない saya bukan sensei.

Jika sudah mengerti konteks nya, kata "watashi wa" tidak perlu disebutkan, untuk menyingkat kalimat.

Contoh lain :
1. Watashi wa lina desu = saya lina.

2. Watashi wa shitsugyosha desu = saya adalah pengangguran.

3. Watashi wa Indonesia jin desu = saya orang Indonesia.

4. Tanaka san wa nihon jin desu = Tanaka adalah orang jepang.

5. Tanaka san wa ginkouin desu = Tanaka san adalah seorang pegawai bank.

6. Watashi wa gakusei ja arimasen = saya bukan pelajar.

7. Watashi wa nihon jin ja arimasen = saya bukan orang jepang

8. Tanaka san wa Enjinia dewa arimasen = Tanaka bukan seorang engineer.


Contoh percakapan lain =

1.
A : anokata wa donata desuka (siapa orang itu?)
B : Tono san desu (Tono)
A : Tono san wa kaisyain desuka. (Apakah Tono san adalah seorang karyawan perusahaan?)
B : iie, kaisyain ja arimasen. Ginkouin desu. (Bukan karyawan perusahaan, pegawai bank).

Donata = siapa (sopan)
Anokata = orang itu (sopan)

2.
A : Anata wa dare desuka (kamu siapa?)
B : Adi san desu (Adi)
A : Adi san wa gakusei desuka (apakah adi san seorang pelajar?)
B : Hai, gakusei desu
A : sou desuka (oh gitu)

Dare = siapa (bentuk biasa)

3.
Yori = あなた は だれ ですか?
Anata wa dare desuka?

Devi = はじめまして、わたし は Devi です。
Hajimemashite, watashi wa devi desu.

Yori = Devi ですか。わたしも。
はじめまして、わたし は ヨリ です。
あの。。あなた は がくせい ですか?
Devi desu ka. Watashi mo.
Hajimemashite, watashi wa yori desu.
Hm.. Anata gakusei desuka?

Devi = いいえ、じゃありません。わたし は かいしゃいんです。あなた は だいがくせい ですか?
iie, jaa arimasen. watashi wa kaishain desu. anata wa daigakusei desuka ?

Yori = おお。。 そうか。わたしも かいさいん です。
Oo.. Sou ka. Watashi mo kaishain desu.
Oo.. Begitu. Saya juga seorang karyawan. 😬

Devi = ああ、。わかったよ
aa, mengerti 😂

Yori = ああ。。わたし もう。
Aa, aku juga ngerti 😂

Tidak ada komentar:

Posting Komentar