Jumat, 01 April 2016

Pola Kalimat perkenalan

Untuk pola kalimat sederhana, kita belajar perkenalan dulu aja ya.

Hajimemashite, watashi no namae wa lina desu. Douzo yoroshiku.

Hajimemashite : perkenalkan
Watashi no namae : nama saya
wa : partikel alias to be. Klo di inggris to be nya ada is, am, are. Di jpang, to be nya hanya wa mau she,you,it, dll.

~desu : utk memperkenalkan sesuatu

1. Nama
Onamae wa? Nama anda siapa?

2. Negara
Indonesia kara kimashita : sy berasal dari indonesia (watashi wa boleh disebut boleh gak)

Okuni wa? : menanyakan asal negara

3. Umur
Watashi wa 12 sai desu. Umur saya 12 tahun.

Nan sai desuka : menanyakan umur.

Oikutsu desuka : menanyakan umur dlm bentuk formal.

4. Tempat tinggal
Jakarta ni sundeimasu. Saya tinggal di jakarta

Anata wa doko ni sundeimasuka : Dimana anda tinggal?

5. Pekerjaan
Watashi wa shigoto ja arimasen. Saya tidak ada pekerjaan (pengangguran)/shitsugyousha

Watashi wa gakusei desu : saya seorang pelajar.

Watashi wa kaisyain desu : saya seorang karyawan perusahaan

Dokter : isha
Karyawan : kaisyain
Teknikal : enjinia
Guru : kyoushi/sensei
Shougakusei : pelajar SD
Chuugakusei : Pelajar SMP
Koukosei : pelajar sma
Daigakusei : mahasiswa
Ryogakusei : mahasiswa asing

6. Memperkenalkan orang lain
A : B-san, kochira wa C-san desu.
C : hajimemashite, C desu. Jakarta kara kimashita. Douzo yoroshiku.
B : B desu. Douzo yoroshiku.

7. Hobby
Oshumi wa? Apa hobi mu?
Anata no shumi wa nandesuka. Apa hobi anda.

Watashi no shumi wa e o kaku koto. Hobby saya menggambar.

Geemu o asobu : main game
Terebi o miru : nonton TV
Kankoku no dorama o miru : nonton drakor
E o kaku : menggambar gambar 😅

Tidak ada komentar:

Posting Komentar