Kamis, 26 Mei 2016

Partikel へ

Materi partikel へ (e). Ditulis menggunakan hiragana "he" namun dibaca "e".
Partikel e berarti "ke" yang menunjukkan tujuan ke suatu tempat. Partikel e hanya dapat dipakai untuk kata kerja pergi, datang, dan pulang.
Reibun (contoh kalimat) :

1. Ahmad san wa bandung e ikimasu.
-ahmad akan pergi ke bandung

2. Watashi wa takushii de uchi e kaerimasu.
-saya akan pulang ke rumah naik taksi.

3. watashi wa Kazoku to nihon e kimashita.
-saya datang ke jepang bersama keluarga.

4. Ashita doko e ikimasuka. = besok pergi kemana?
-ripki kun no uchi e ikimasu. = pergi ke rumah ripki.

5. Doyoubi doko e ikimashitaka. = sabtu kemaren pergi kemana?
-doko (e) mo ikimasen deshita. = gak pergi ke mana pun.

6. Nan de ripki kun no uchi e ikimasuka. = ke rumah ripki naik apa?
-jitensha de ikimasu.

7. Dare to ripki kun no uchi e ikimasuka. = ke rumah ripki sama siapa?
-adi kun to ikimasu. = pergi sama adi.

8. Itsu jakarta e kimashitaka. = kapan datang ke jepang?
-shigatsu muika ni kimashita. = datang pada tanggal 6 april.

9. Tanjoubi wa itsu desuka. = ultahmu kapan?

10. Watashi wa gakkou kara eki made arukimasu.
-saya berjalan dari sekolah ke stasiun.

Partikel "de" di atas gunanya untuk menjelaskan anda melakukan sesuatu dengan apa.
-basu de kaerimasu. = saya pulang dengan (naik) bus.

Uchi kara gakkou made arukimasu.
-saya berjalan rumah ke sekolah

Gakkou kara aruite kaerimashita.
-saya pulang dari sekolah dengan berjalan kaki

Hitori de gakkou e ikimasu.
-saya pergi ke sekolah sendiri

Imouto to gakkou e ikimasu
-saya pergi ke sekolah bersama adik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar