Kamis, 02 Juni 2016

Partikel e dan kalimat waktu

Materi partikel へ dan kalimat waktu. Beberapa contoh kalimat :

1. Suupa e ikimasu. = mau pergi ke supermarket.

2. Anata wa doko e ikimasuka. = anda mau pergi kemana?

3. Chikatetsu de Taman Mini e ikimasu. = saya pergi ke taman mini naik kereta api bawah tanah.

4. Nan de dufan e ikimasuka. = pergi ke dufan naik apa?

5. Kesa Yori san to Ancol e kimashita. = tadi pagi datang ke ancol bersama Yori.

6. Dare to Detos e kimashitaka. = tadi datang ke detos sama siapa?

7. Raishuu uchi e kaerimasu. = minggu depan pulang ke rumah.

8. Shichigatsu yokka ni Jakarta e kaerimasu. = pada tanggal 4 juli saya akan pulang ke jakarta.

9. Itsu Jogja e kaerimasuka. = kapan pulang ke jogja?

10. nangatsu ni bandung e ikimasuka. = pada bulan apa pergi ke bandung?

11. Sumimasen, bogor made ikura desuka. = permisi, ke bogor berapa ya?
-ni man rupia desu

12. Sumimasen, bogor wa nanban sen desuka. = permisi, bogor jalur keretanya nomor berapa?
-goban sen desu. = jalur nomor 5.

13. Hitori de ikimasuka. = pergi sendiri?

14. Kesa nanji ni koko e kimashitaka. = tadi pagi ke sini jam berapa?

15. Kyounen no kugatsu ni tokyo e kimashita. = Pada september tahun lalu saya datang ke tokyo.

16. Kono densha wa taman mini e ikimasuka. = apakah kereta api ini berangkat ke taman mini?
-iie, ikimasen. Tsugi no futsuu desuyo. = Tidak, kereta api selanjutnya yang biasa.

Watashi wa koukousei desu. Maiasa goji ni okimasu. Soshite shawaa o abimasu. Go ji han ni asagohan o tabemasu. Asagohan wa pan to miruku desu. Roku ji ni gakkou e ikimasu. Chichi to kuruma de gakkou e ikimasu. Gakkou wa shichi ji kara ni ji made desu. Ni ji gofun ni uchi e kaerimasu. Gakkou kara uchi made aruite kaerimasu. Maiban shukudai o shimasu. Sorekara terebi de eiga o mimasu. Tokidoki eiga no terebi ga suki ja arimasen kara, keitai de geemu o shimasu. Maiban juu ji ni webtoon o yomimasu. Juuichi ji ni nemasu.

Saya pelajar SMA. Setiap pagi bangun jam 5.  Kemudian mandi. Sarapan pada pukul 5.30. Sarapannya roti dan susu. Pukul 6.00 berangkat ke sekolah. Bersama ayah naik mobil berangkat ke sekolah. Saya sekolah dari jam 7 sampai jam 2. pukul 2.15 saya pulang ke rumah. Saya pulang dari sekolah ke rumah dengan berjalan kaki. Setiap malam saya mengerjakan PR. Setelah itu nonton film di TV. Kadang-kadang karena tidak suka film TV, main game di handphone. Setiap malam jam 10 membaca webtoon. Jam 11 saya tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar